Kopi adalah minuman yang paling dicintai, Dengan aroma khas yang menenangkan membuat kpoi adalah minuman yang sangat cocok untuk mengawali hari anda karena aroma koi akan membuat mood anda semakin baik dan menjadi makin semangat. Untuk menghangatkan badan di musim hujan ditemani kue atau jajanan pasara juga pilihan yang pas. Bahkan saat anda merasa penat dan lelah dengan aktivitas dan tanggung jawab pekerjaan, kopi adalah minuman yang pas untuk menenangkan pikiran anda. kopi juga memiliki berbagai varian dengan cita rasa unik yang tidak akan sama setiap golongan masyarakat  memiliki minat yang sangat besar pada kopi. Mulai dari kaki lima hingga coffe shop yang mewah bisa jadi tempat pilihan anda untuk menikmati secangkir kopi dengan nikmat. Namun kunci  dari cita rasa minuman kopi yang sesungguhnya ada di balik rahasia pengolahan kopi asli pengolahan kopi asli menjadi bubuk kopi bercita rasa tinggi.

Keunggulan Bubuk Kopi Dengan Pengolahan Kopi Asli Tradisional

Pengolahan Kopi Asli Dengan Cara Tradisional

Saat ini ada banyak metode pengolahan kopi asli yang bisa dipakai untuk menghasilkan bubuk kopi yang memiliki cita rasa yang tinggi. Apalagi kualitas bubuk kopi yang dihasilkan akan mempengaruhi rasa khas dari minuman ini. Meskipun ada banyak cara mengolah biji kopi dengan berbagai alat dan metode modern tapi kembali menggunakan cara lama dan sentuhan tradisional akan menghasilkan bubuk kopi yang istimewa. Keunggulan jika menggunakan cara trandisional untuk mengolah biji kopi adalah akan mendapatkan cira rasa yang sangat khas pada kopi yang dihasilkan itu karena pengolahan dengan cara tradisional tidak akan merusak karakter asli kopi yang diolah. Karena pengolahan cara lama tidak merusak karakter khasdari kopi membuat bubuk kopi yang dihasilkan memiliki cita rasa yang mewah.

Biji kopi yang diolah dengan tradisional memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi olahan modern. Dengan citarasa yang asli dan mewah sebanding dengan harga yang ditawarkan. Jadi meskipun anda mengeluarkan dana yang lebih banyak untuk menikmati secangkir kopi tradisional tidak akan membuat anda merasa kecewa dengan kenikmati kopi yang anda dapat.

Cara Pengolahan Kopi Asli Tradisional

pengolahan kopi asli

Cara pengolahan kopi asli dengan metode tradisional akan memakan proses yang panjang dan waktu yang lebih lama demi menjaga karakter asli kopinya.

  1. Pertama tahap pengelohan kopi dengan cara tradisional ini dimulai dengan memetik dan mengumpulkan sendiri biji kopi pilihan, kesegaran kopi yang dipetik langsung dan memilih biji kopi yang terbaik adalah kunci terbaik untuk menghasilkan olahan biji kopi istimewa. Biji kpi akan dipanen dari pohon kopi terbaik yang dirawat dan dipelihara menggunakan cara yang alami.
  2. Kedua adalah penyortiran biji kopi yang sudah dikumpulkan, peryortiran ini dilakukan untuk menemukan biji kopi kualitas terbaik saja untuk diolah dan peryortiran ini bisa dilakukan dengan metode manual untuk hasil yang lebih maksimal. Penyortiran ini akan berdasarkan besar kecil biji kopi dan tingkat kematangan biji kopi karena biji kopi yang berbeda juga harus mendapatkan proses pengolahan yang berbeda serta hasil bubuk kopinya juga sangat berbeda. Peryortiran ini akan dilakukan oleh petani kopi dengan cara menaruh semua biji kopi panen di satu wadah besar dan memilih kopi-kopi yang sama.
  3. Pengelupasan kulit biji kopi. Sebelum melakukan tahap penjemuran untuk biji kopi yang telah dipilih tahap yang harus dilakukan sebelumnya adalah mengupa biji kopi agar kulitnya bisa dibuang. Cara mengelupas biji kopi secara tradisional dilakukan dengan menggunakan alu atau lesung untuk menumbuk biji kopi yang tadi sudah dipanen.
  4. Keempat penjemuran, proses penjemuran biji kopi akan dilakukan dengan menggunakan sinar matahari. Rasanya akan sangat berbeda dengan hasil biji kopi yang di oven. Tapi proses penjemuran ini akan memakan waktu yang lumayan lama tergantung dengan cuaca. Agar kadar kandungan air yang ada di biji kopi berkurang dan biji kopi sipa di goreng proses penjemuran akan memakan waktu 3-7 hari jika cuaca terik dan proses penjemuran bisa lebih lama jika cuaca tidak mendukung sama sekali atau saat musim kemarau datang. Proses penjemuran ini tahapan yang paling penting untuk menjaga kualitas biji kopi.
  5. Tahap yang kelima adalah penggorengan biji kopi, untuk menjaga cita rasa yang otentik penggorengan biji kopi akan menggunakan alat tradisional seperti kuali dan menggunakan tungku kayu bakar, proses penggorengan yang menggunakan bahan-bahan alami tersebut akan menjaga rasa asli dari biji kopi.

Setelah mengalami proses yang panjang dari biji kopi yang mentah sampai menjadi biji kopi yang matang tahap pengelolaan biji kopi yang selanjutnya adalah menumbukan. Penumbukan secara tradisional akan dilakukan dengan menggunakan alat lama yang sederhana, meskipu menggunakan alat lama tapi hasil bubuk kopi akan tetap halus dan harus.