Pengolahan Pahatan Kayu Bahan, Alat Dan Teknik Yang Diperlukan

Indonesia Merupakan salah satu Negara yang memiliki keragaman budaya dan masyarakat yang sangat besar. Banyak kreativitas khas Indonesia yang berhasil mencuri perhatian masyarakat dunia dan menjadi salah satu produk ekspor yang sangat populer di dunia. Salah satunya adalah kesenian ukiran kayu. Sebagai Negara tropis ada banyak jenis kayu yang tumbuh di Indonesia dan dengan turun temurun budaya ukiran kayu muncul sebagai salah satu produk budaya yang memiliki keindahan dan kesakralan di waktu yang bersamaan.Beberapa daerah di Indonesia yang sangat terkenal dengan seni ukir terbaik adalah Bali, Jepara, Solo dan Jogja. Seluruh daerah tersebut memiliki seni  ukir dengan ciri khas yang berbeda dan nilai leluhur yang berbeda juga. Proses  pengolahan pahatan kayu menjadi seni ukir yang indah membutuhkan waktu, keterampilan dan kreativitas yang tinggi dari seniman. Seni ukir kayu yang tahap pembuatannya memakan waktu yang lama dan bahan baku yang mahal membuat karya seni ukir kayu ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi apalagi jika sudah menjadi produk yang go Internasional seperti seni ukir dari Jepara.

Bahan Dan Alat Untuk Melakukan Pengolahan Pahatan Kayu

Pengolahan Pahatan Kayu Bahan, Alat Dan Teknik Yang Diperlukan

Sudah dikatakan bahwa membuat pahatan kayu atau seni ukir yang cantik dan memiliki nilai seni dan nilai jual yang tinggi membutuhkan waktu yang lama. Tahapan untuk  melakukan pengolahan pahatan kayu harus dilakukan oleh ahli dan menggunakan bahan baku dengan kualitas yang terbaik. Berikut ini adalah proses pembuatan pahatan dari kayu:

  1. Persiapkan kayu. Karena yang akan dijadikan karya seni adalah kayu maka anda harus menyiapkan kayu yang halus, berserah halus dan kayu yang cocok sebagai bahan baku pahatan agar hasil pahatan kayu nanti memiliki kualitas yang terjamin. Kayu yang cocok untuk dipahat adalah kayu jati dan kayu mahoni yang halus tapi kokoh.
  2. Persiapkan alat untuk memahat. Perkakas yang anda butuhkan untuk melakukan pahatan pada kayu yang anda pilih adalah Gergaji, palu dan Satu set alat pahat ukir yang terdiri dari: 20 buah alat pahat penuku, 10 buah alat pahat datar dengan tambahan 5 buah lat pahat kol  dan 3 buah lat pahat coret (kecil,sedang,besar), alat coping saw, scrol saw, Jing saw, batu asah, gerinda batu asah.

Itu adalah bahan baku utama yang anda perlukan untuk membuat produk ukiran kayu. Selain itu anda juga bisa menyiapkan plitur dan cat jika diperlukan. Yang paling penting pada saat akan memulai anda harus memiliki kayu dan perkakas yang digunakan untuk membuat pahatan pada kayu yang sudah anda pilih.

Teknik Pengolahan Pahatan Kayu

pengolahan pahatan kayu

Hal peting lain dari tahap pengolahan pahatan kayu adalah teknik yang harus anda gunakan untuk mengubah kayu terbaik menjadi ukir kayu yang cantik dan bernilai jual yang tinggi. Untuk menghasilkan karya seni yang memuaskan teknik memahat kayu yang harus anda kuasai adalah:

  1. Pertama buat  pola atau gambar dasar  pada kayu yang akan diukir  bila anda ragu anda bisa membuat gambar dasar di kertas dulu sebagai contoh.
  2. Kedua NGGETA’KI  adalah Proses untuk memindai garis-garis pada lukisan atau pola dasar yang anda buat pada kayu.
  3. Ketiga NDASARI adalah proses untuk mencongkel bagian dasar di luar motif dasar yang anda buat agar lebih dalam.
  4. Keempat MBUKAKI adalah proses  untuk membentuk pahatan pada motif dasar khususnya pada bagian motif batang,daun,dan bunganya.
  5. Kelima MBENANGI  adalah proses membentuk garis pada motif dasar batang,daun,dan bunga dan membentuk garis pada lekukan di motif  daun dan bunga.
  6. Keenam CAWEN adalah proses untuk membentuk garis pada lekukan di motif daun dan bunga.
  7. Ketujuh MBABARI adalah proses terahir berupa merapikan atau membersihkan bagian ukiran yang dirasa belum sempurna.
  8. FINISHING adalah tahapan terakhir yang sangat menentukan karena akan membentuk look dari karya pahatan yang anda buat. Jenis finishing yang bisa dilakukan ini banyak bisa proses membuat karya ukir halus, bersih dan baru. Bisa juga finishing untuk membuat karya ukir terlihat kuno dan antik dan terakhir membuat pahatan kayu ini tampak seperti barang terbengkalai yang tidak terawat. Bagaimana hasil dari pahatan kayu yang dibuat akan dipengaruhi oleh tahap terakhir ini.

Bahan baku dan alat yang diperlukan bisa saja mudah anda temukan namun untuk hasil oahatan kayu yang indah dibutuhkan proses yang panjang dan kemampuan seniman untuk memberikan sentuhan seni mewah dan bernilai pada pahatan kayu yang dibuat. Disini pengalaman dalam membuat pahatan kayu akan sangat berpengaruh dengan proses yang panjang dan sulit jangan mengeluh atau heran bila anda menemukan harga yang sangat tinggi untuk sebuah pahatan kayu karena harga yang di patok wajar untuksalah satu karya seni mahal ini.