Menjadi bagian dari seni adalah pekerjaan yang sangat menjanjikan. Semua karya seni akan memiliki nilai jual yag tinggi apalagi membuat karya seni akan membantu anda untuk menuangkan kreativitas yang anda miliki. Karya seni seperti lukisan, ukir kayu, pakaian dan beberapa video dan gambar digital akan selalu di tawar dengan harga yang sangat tinggi. Bagi seniman sendiri tidak ada barang yang tidak bisa dimafaatkan menjadi barang yang bernilai seni tinggi. Limbah kaca dan sampah lainnya bisa jadi barang yang cantik dan bernilai sangat tinggi dengan sentuhan seni dan kreativitas. Hal tersebut juga sudah terbukti dengan produk kerajinan kaca. Kaca adalah material yang sering digunakan manusia untuk bahan rumah atau perabotan rumah tangga namun karena barang yang berasal dari kaca sangat rapuh  dan mudah pecah banyak sampah kaca yang dihasilkan. Tapi tenang kini limbah kaca bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan barang yang memiliki nilai seni yang sangat tinggi dan memiliki nilai jual yang mahal melalui teknik pengolahan dekorasi kaca.

Teknik Pengolahan Dekorasi Kaca Profesional

Teknik Pengolahan Dekorasi Kaca

untuk lebih mengenal tentang teknik pengolahan dekorasi kaca menggunakan limbah kaca yang bisa ditemukan dengan mudah di sekitar kita pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang dua teknik mengolah limbah kaca menjadi dekorasi yang cantik dan memiliki nilai jual yang tinggi. Dekorasi atau hiasan rumah yang dibuat dari kaca banyak diminati karena memiliki tampilan yang mewah dan berkelas. Pertama teknik yang akan dibahas adalah teknik mengolah sampah kaca dengan cara yang cukup rumit:

  1. Tahap yang pertama kumpulkan pecahan kaca dalam karung. Kaca ini harus anda kumpulkan berdasarkan jenis kaca, ketebalan dan warna kaca lalu lanjutkan dengan memukul-mukul kaca yang sudah anda kelompokkan dan masukkan ke dalam karung. Tidak perlu sampai terlalu halus cukup sampai pecahan kaca menjadi serpihan yang lebih kecil dari ukuran awal.
  2. Tahap yang kedua siapkan cetakan kaca yang harus  terbuat dari bahan keramik agar tidak pecah. Keramik ini juga dibuat dengan suhu yang sama dengan saat melelehkan kaca.
  3. Tahap yang ketiga lapisi dulu cetakan akan digunakan dengan kaloin/alumina yang sudah  dicairkan agar pada  saat meleleh kaca tidak  menempel ke keramik dan untuk memudahkan kaca keluar dari cetakan keramik yang anda gunakan.
  4. Tahap yang keempat bakar kaca yang sudah  dimasukkan ke dalam cetakan ke  tungku keramik dan bakar dengan suhu 650-900°C tergantung ketebalan kaca yang anda bakar.
  5. Tahap yang kelima siapkan tataan untuk asesoris bisa seperti  cincin atau kalung.Masukkan kaca yang sudah  dicetak dalam tataan cincin atau kalung tadi.

Teknik pengolahan yang dijelaskan tersebut membutuhkan banyak modal dan alat jadi cocok untuk industri yang besar saja. Untuk home industri terlalu berat jika menggunakan teknik mengelola sampah tersebut. Cara mengelola sampah ini juga akan membutuhkan banyak limbah kaca.

Teknik Pengolahan Dekorasi Kaca Yang Mudah

pengolahan dekorasi kaca

Sedangkan teknik pengolahan dekorasi kaca berikutnya yang akan dijelaskan adalah cara mengelola sampah kaca dengan metode yang sederhana dan tidak membutuhkan modal yang besar. Alat yang anda perlukan adalah lem kaca, ampelas dan cat air. Bahan baku yang anda butuhkan adalah pecahan kaca dan papan untuk media menempel. Setelah itu anda bisa merangkai pecahan kaca yang anda miliki ke papan dengan menggunakan lem agar bisa terbentuk pola yang unik. Selain itu anda bisa memberikan kentuhan cat air agar tampilan daur ulang kaca ini menjadi makin menarik. Hasil yang akan anda dapatkan dari metode ini mungkin sangat sederhana tapi bagi pemula mengelola dekorasi kaca dari limbah kaca menggunakan cara ini akan memberikan kepuasan yang besar untuk anda. Hasilnya juga cukup layak untuk anda jual dengan harga puluhan ribu hingga ratusan ribu.

Hasil dekorasi yang berasal dari limbah kaca ini bisa beragam, bisa pola abstrak, guci, vas bunga dan hiasan yang cantik dan tidak akan terlihat terbuat dari bahan daur ulang. Dengan adanya giat untuk membuka industri membuat dekorasi kaca dengan sampah kaca ini akan membantu mengurangi umlah sampah kaca yang tidak bisa terurai secara signifikan. Bukan hanya akan mengembangkan giat ekonomi akan tetapi kegiatan ini juga akan membantu untuk menjaga kelestarian alam. Untuk yang ingin memulai bisnis tidak ada salahnya untuk  coba sektor bisnis pengolahan limbah kaca menjadi barang dekorasi yang bernilai seni tinggi. Sudah banyak generasi muda yang merambah sektor ini sebagai lahan bisnis yang menjanjikan dengan pangsa pasar berbagai golongan masyarakat dari kelas ekonomi menengah hingga kelas ekonomi atas dan sudah pasti dengan keuntugan yang cukup menjanjikan karena saaran pasarnya jauh lebih luas dibandingkan dengan industri daur ulang sampah yang lain.